CARA MENGATASI SEPEDA MONTOR.
YANG MATI MENDADAK.
SAAT PANAS.
KEKURANGAN OLI
Kenapa oli pada mesin motor bisa berkurang..? ya hal ini biasanya disebabkan karena kendaraan atau motor tersebut sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang menyababkan terjadi uap panas yang bisa mengakibatkan oli bisa keluar melalui pori pori endapan mesin. Penyabab kekurangan oli mesin yang lain bisa juga dikarenakan lemahnya piston ring yang mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih melalui knalpot *ciri ciri pada motor 4 T sehingga busi dibasahi oleh oli mesin dan juga kemungkinan busi tidak tahan lama dan akhirnya mengakibatkan mesin makan oli . Dengan begitu tentunya olinya akan berkurang terus sehingga disaat mengendarai sepeda motor pada temperatur yang panas mengakibatkan motor mati mendadak atau bisa juga orang bilang mengakibatkan motor ngejem. *ngancing .
SaluranBahan Bakar.
melakukan pemeriksaan pada oli motor, kemudian pengapian motor selanjutnya yaitu pada Saluran Bahan bakarnya. Saat motor mogok gak mau hidup karena suhu mesin yang panas hal ini bisa juga mengakibatkan saluran bahan bakar bensin yang masuk ke komponen (karburator) terjadi penyumbatan ,nah hal ini maka menyebabkan minyak (bensin) tidak lancar . Terjadinya penyumbatan ini mungkin karena ada kotoran dibagian selang minyak yang mengaliri besin menuju karburator sehingga minyak (bensin) tidak normal atau bahkan tidak mengalir
Selanjutnya kemungkinan yang lain yaitu adanya kotoran didalam komponen motor yaitu karburator. Komponen motor yang satu ini yaitu karburator biasanya sering sekali didalamnya terdapat kotoran yang berasal dari tangki minyak (bensin) motor. Nah minyak atau bahan bakar yang kotor didalam tangki motor maka akan mengakibatkan jarum spuyer dalam karburator mengalami penyumbatan dan motor bisa mati mendadak karena proses aliran bensin atau bahan bakar minyak menuju ruang bakar tidak normal.
Pengapian montor Lemah
Kemungkinan lain yang menyebabkan motor mati saat kondisi suhu mesin panas selain kekurangan oli yaitu lemahnya pengapian pada motor.Dari informasi yang saya baca di internet dan dari beberapa pengalaman mekanik bengkel motor pengapian motor yang sering lemah atau tidak tahan panas adalah pada komponen spool apinya yang melemah sehingga hal tersebut bisa menyebabkan saat mesin dalam kondisi memiliki suhu yang panas maka motor akan mati dengan tiba tiba karena penyebabnya yaitu komponen motor spool yang sudah dimakan usia atau bisa juga diakibatkan krena cara mengatasi monspoolnya ada yang error/cacat sehingga beradu api antara satu dengan yang lainya. Untuk cara mengecek komponen yang satu ini apakah ada apinya atau tidak yaitu anda bisa periksa kabel hitam list merah dari spool bawah , caranya cukup simple yaitu tempelkan kabel tersebut ke bagian mesin dengan sambil memutar mesin motor yaitu dengan cara melakukan kick starter (mengenkol motor) maka dari situ nanti akan terbukti bahwa ada apinya atau tidak.
Kemungkinan yang kedua yaitu pada pengapian komponen yang bernama CDI , nah komponen yang satu ini juga rawan jika posisi motor mendadak mati saat kondisi mesin panas, jadi anda bisa cek apakah CDI tersebut masih berfungsi atau tidak. Sedangkan untuk komponen koil kemungkinan sangat kecil karena dari beberapa pengalaman mekanik bengkel kondisi koil masih bagus.
Jikapermasalahnya belum ketemu juga mungkin bisa disebabkan pada bagian kepala ujung busi/palak busi sudah longgar atau basah atau bisa juga rusak ,maka anda bisa mengganti busi dengan yang baru ,atau jika masih bagus mungkin posisinya kurang pas, jadi hal hal tersebut bisa anda lakukan dan periksa pada motor anda
No comments:
Post a Comment